Wajib Tau! Berikut 10 Jenis Mangga Laris Dipasaran

Mangga yaitu salah satu tipe jenis buah yang saat ini begitu familiar di Indonesia ataupun di mancanegara. Tanaman ini termasuk kedalam marga Mangifera dan suku Anacardiaceae dan memiliki sekitar 35 – 50 varietas. Tanaman mangga pertama kali ditemukan di perbatasan India bersama dengan Burma.

Secara fisik, pohon mangga termasuk kedalam model tumbuhan berkayu dan biasanya sanggup tumbuh hingga tinggi lebih dari 5 meter. Daunnya berwarna kehijauan, keunguan, kemerahan atau kekuningan pada saat masih muda dan bakal beralih menjadi hijau mengkilat pada saat sudah tua. Daun mangga sendiri punya wujud yang beragam (tergantung pada varietasnya) ada yang berupa lonjong dan ujung layaknya mata tombak, ada yang berupa bulat telur yang memiliki ujung yang seperti mata tombak, dan ada yang berbentuk segiempat dengan memiliki ujung membulat.

Buah mangga termasuk kedalam grup buah batu (drupe) yang berdaging. Bentuk dan ukurannya tidak sama dan bergantung pada jenisnya. Ada yang berupa bulat, lonjong, dan bulat telur. Rata-rata, panjang buah mangga biasanya kurang lebih 10 cm, tetapi pada beberapa varietas buah mangga ada yang mampu raih panjang hingga 25 cm. Kulit buahnya agak tebal serta berwarna hijau saat waktu buah muda dan akan beralih jadi kuning atau kemerahan kala telah matang.

Daging buahnya berwarna kuning serta bertesktur lembut dan mempunyai kandungan air yang banyak, dan beraroma harum. Di didalam buahnya, terdapat biji berwarna putih, berwujud gepeng, dan seperti berkayu. Di Indonesia sendiri, terdapat bermacam macam model buah mangga unggulan yang jadi dibudidayakan oleh masyarakat. Nah, kali ini kami bakal memberitahukan perihal buah mangga apa saja yang punyai rasa terlezat, terpopuler dan laris dipasaran. Ingin tahu lebih lanjut? berikut ulasannya.

  1. Mangga Arumanis

Mangga arumanis sampai pada masa sekarang ini menjadi jenis buah mangga yang menjadi idola masyarakat. Meskipun masih terhitung kedalam model buah mangga lokal, tetapi buah mangga kebanggaan warga Probolinggo, Jawa Timur ini mempunyai kualitas yang tidak kalah unggul dengan buah mangga import.

Salah satu keunggulan dari manga arumanis ini terletak pada ukuran bijinya (pelog) yang kecil serta memiliki daging buah yang lebih tebal jika dibandingkan dengan jenis mangga yang lainnya. Untuk rasanya tidak usah diragukan lagi, mangga model ini tawarkan citarasa buah yang begitu manis dengan aroma harum yang khas.

  1. Mangga Emperor

Mangga emperor adalah jenis varietas mangga unggulan yang berasal dari negeri Taiwan, tapi banyak dibudidayakan oleh para petani di negeri gajah putih, Thailand. Dikatakan sebagai manga unggulan dikarenakan buah mangga yang satu ini memiliki penampilan yang sangat eksotis dan bisa menarik perhatian siapa saja orang yang melihatnya. Jika biasanya kulit buah mangga berwana kuning kehijauan, mangga emperor memiliki kulit buah yang berwarna ungu kehijauan saat masih muda dan akan berubah menjadi merah menyala ketika sudah matang.

Daging buahnya berwarna oranye kekuningan serta menawarkan citarasa buah yang sangat manis dan bertekstur lembut dengan kandungan air yang melimpah. Selain itu, ukuran biji yang ada di dalamnya juga relatif kecil dan pipih. Keunggulan lain dari mangga emperor terletak pada ukuran buahnya yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan jenis buah mangga pada umumnya. Berat satu buahnya saja bisa mencapai 3 kg.

  1. Mangga Alpukat

Mangga ini merupakan salah satu jenis buah mangga unggulan yang masih tergolong baru. Dinamakan mangga alpukat karena cara mengkonsumsi buah mangga ini hampir sama dengan cara mengkonsumsi buah alpukat, yakni cukup dibelah dibagian tengah lalu dikeruk menggunakan sendok. Meskipun masih termasuk kedalam jenis buah mangga lokal, mangga alpukat memiliki kualitas yang tidak kalah dengan mangga import.

Salah satu kelebihannya terletak pada tekstur buahnya yang lebih halus. Untuk rasanya, buah mangga jenis ini menawarkan citarasa buah yang sangat manis, mirip seperti mangga arum manis. Saat daging buahnya dikunyah, perpaduan antara rasa manis dengan daging buah yang juicy akan langsung menyebar di seluruh mulut dan tenggorokan.

  1. Mangga chokanan

Jenis buah mangga yang tidak kalah populer adalah mangga chokanan. Jika pohon mangga pada umumnya hanya mampu berbuah satu kali dalam setahun, pohon mangga chokanan ini dikenal mampu berbuah hingga 3 kali dalam setahun.

Buah mangga chokanan berbentuk lonjong asimetris, berukuran sedang dan meruncing pada bagian ujungnya, bobot buahnya berkisar antara 300 – 400 gram/buah. Daging buahnya berwarna kuning kemerahan, bertekstur halus, dan beraroma harum.

Untuk rasanya, buah mangga jenis ini menawarkan citarasa yang manis dan legit. Bahkan saking manisnya, mangga chokanan ini mendapatkan julukan sebagai “Mangga Madu”.

  1. Mangga Gedong Gincu

mangga gedong gincu menjadi salah satu jenis buah mangga yang penampilannya tidak kalah mempesona. Mangga jenis ini memiliki kulit buah berwarna hijau saat masih muda, dan akan berubah menjadi gradasi warna kuning dan merah saat sudah matang. Selain itu, buah mangga gedong gincu memiliki kulit yang sangat tipis dengan bentuk buah yang bulat tanpa lekukan. Daging buahnya berwarna kuning dan bertekstur kenyal dengan kandungan air yang banyak.

Dan untuk rasanya, buah mangga kebanggaan masyarakat Majalengka ini menawarkan citarasa buah yang sangat manis dan lezat.

  1. Mangga Garifta Merah

Mangga jenis ini merupakan mangga lokal unggulan yang berasal dari Pasuruan, Jawa Timur. Secara fisik, mangga garifta merah memiliki penampilan buah yang sangat eksotik dan hampir sama seperti mangga emperor. Bagaimana tidak? mangga garifta merah memiliki kulit buah perpaduan antara warna merah, kuning, dan hijau yang membentuk sebuah gradasi. Selain itu, citarasa yang ditawarkan oleh mangga jenis ini juga sangat manis dan menyegarkan.

Bahkan banyak orang yang mengatakan bahwa mangga garifta merah mempunyai rasa yang lebih manis jika dibandingkan dengan jenis mangga lainnya. Secara fisik, buah mangga ini berbentuk sedikit lonjong, panjangnya sekitar 14 – 17 cm dengan ujung buah yang membentuk paruh. Daging buahnya berwarna kuning kemerahan, memiliki tekstur yang lunak, dan sedikit berserat dengan aroma khas buah mangga yang sangat tajam.

Mangga garifta merah merupakan salah satu jenis mangga terbaru yang saat ini tengah digembar-gemborkan oleh para pecinta tanaman buah mangga. Pohon mangga garifta merah memiliki postur tubuh yang relatif pendek sekitar 2-3 meter saja. Hal ini tentu saja menjadi sebuah keunggulan tersendiri karena dapat memudahkan saat proses pemanenan atau pemetikan buah.

  1. Mangga Kiojay

Diantara sekian banyaknya jenis buah mangga, mangga kiojay sepertinya menjadi salah satu jenis buah mangga yang paling terkenal di Indonesia. Mangga yang berasal dari Thailand ini merupakan varietas buah mangga unggulan yang terkenal karena memiliki ukuran buah yang sangat fantastis. Untuk berat satu buahnya saja bisa mencapai sekitar 2 kilogram. Hal inilah yang membuat mangga kiojay mendapat julukan sebagai “Mangga Raksasa”. “Kalau ukuran buahnya besar, ukuran bijinya juga besar dong?” Eitss, jangan salah.

Meskipun memiliki ukuran buah yang besar, buah mangga kiojay ini hanya memiliki biji yang berukuran kecil sehingga secara otomatis daging buahnya juga menjadi lebih tebal. Tak hanya itu, daging buah mangga kiojay ini bertekstur sangat lembut dan beraroma harum. Citarasa buah yang ditawarkan juga sangat manis dan menyegarkan karena memiliki kandungan air yang cukup banyak sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi pada saat siang hari yang panas.

  1. Mangga Irwin

Jenis buah mangga unggulan selanjutnya adalah mangga irwin. Buah mangga jenis ini dikenal karena memiliki warna kulit buah yang berbeda. Jika kebanyakan buah mangga memiliki kulit buah yang berwarna hijau, kuning, atau merah. Mangga irwin mempunyai warna kulit buah yang bisa dibilang cukup unik, yakni berwarna ungu saat sudah matang. Selain karena warna nya yang unik, buah mangga irwin juga dikenal memiliki ukuran buah yang cukup besar dan bisa mencapai 0,8 kg/buah.

Buah mangga jenis ini berbentuk oval, daging buahnya berwarna orange kekuningan, sedikit berair, bertekstur lembut, dan memililiki rasa yang sangat manis serta sedikit asam. Meskipun sedikit masam, buah mangga irwin akan tetap memanjakan lidah saat dikonsumsi. Hal ini dibuktikan dengan permintaan pasar untuk buah mangga jenis ini cenderung mengalami peningkatan setiap tahunnya.

  1. Mangga Mahatir

Jika Anda mengira bahwa mangga kiojay menjadi satu-satunya jenis buah mangga dengan ukuran terbesar, Anda salah karena masih ada varietas lain dari buah mangga yang berat buahnya bisa mencapai 2,5 – 3 kg/buah. Dan tentunya lebih besar daripada mangga kiojay yang hanya bisa mencapai 2 kg saja. Sesuai judul, mangga jenis ini memiliki nama mangga mahatir. Selain memiliki ukuran buah yang besar, mangga mahatir juga dikenal karena bentuk buahnya yang bisa dibilang cukup unik dan berbeda dengan jenis mangga pada umumnya.

Pada bagian ujung buahnya berbentuk seperti paruh burung yang sangat lancip. Daging buah mangga mahatir menawarkan sensasi rasa yang manis, bertekstur lembut dan tanpa serat. Kandungan air didalam buahnya juga sangat banyak sehingga akan sangat menyegarkan jika dikonsumsi pada saat siang hari yang panas.

  1. Mangga Madu

Jenis buah mangga yang tidak kalah lezat selanjutnya adalah mangga madu. Saat mendengar kata mangga madu, Anda pasti langsung tahu keunggulan apa saja yang ada pada buah mangga ini. Yap, tepat sekali, mangga yang satu ini memiliki keunggulan yang terletak pada citarasa buahnya yang sangat manis seperti madu. Bahkan rasa manis yang ada pada buah mangga madu sudah muncul sejak buahnya belum matang sempurna alias masih mentah.

Meskipun ukuran buahnya tidak sebesar mangga koijay, akan tetapi mangga madu memiliki daging buah yang tebal dan hanya memiliki biji (pelok) yang bisa dibilang cukup kecil. Tekstur daging buahnya juga sangat lembut, tidak berserat, dan memiliki kandungan air yang melimpah.

Untuk menghasilkan buah mangga yang memiliki rasa enak dan kualitas bagus tentu sangat penting untuk melakukan perawatan tepat.

Hal ini sangat bergantung terhadap perawatan yang bagus, maka anda dapat memberikan pupuk buah mangga yang berkualitas.

Bisa memberikan hasil buah mangga yang berkualitas, serta pemupukan yang tepat dapat menunjang hasil maksimal.

Pupuk buah mangga yang bagus inilah yang dapat menunjang pertumbuhan tanaman mangga secara maksimal.

Maka dibutuhkan pupuk buah mangga yang bisa menunjang hasil secara optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *