4 Sayuran yang Dianjurkan untuk Penderita Diabetes

Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Penyakit tersebut menyerang tidak mengenal batas usia, mulai usia dini sampa dewasa dapat terjangkit. Dampak dari penyakit ini sangatlah menyeramkan, Anda dapat mengalami amputasi opada salah satu organ tubuh untuk menghambat keganasan penyakit ini. Penyakit ini juga tidak segan-segan merenggut nyawa penderitanya.

Enam tahun terakhir ini, Indonesia masih digemparkan dengan salah satu obat herbal diabetes buatan mahasiswi Sumatera Utara. Mahasiswi ini mampu menemukan obat diabetes dan diklaim sangat manjur, dan teruji klinis. Manfaat obat ini pertama kali dirasakan oleh ayah Gita sendiri yang menderita diabetes. Dengan mengkonsumsi kolagit asli buatan anaknya, kondisi ayah Gita semakin hari semakin membaik, membuat pandangannya tidak kabur. Sejak saat itu nama obat ini dikenal oleh kalangan masyarakt Indonesia.

Untuk mendafatkan hasil yang maksimal, Anda dapat membeli kolagit asli di toko resminya, dikarenakan banyak beredar kolagit palsu bahkan oplosan. Meskipun penggunaan obat penurun kadar gula dapat membantu dalam mengawasi nilai kadar gula, sebaiknya Anda juga mengatur pola makan dengan baik.

Pengaturan pola makan dapat Anda lakukan dengan memilih makanan yang baik untuk dikonsumsi, terutama makanan alami seperti sayur-sayuran. Sayur-sayuran sendiri memiliki nutrisi yang sangat baik untuk menurunkan kadar gula dikarenakan sayuran memiliki kadar glukosa yang rendah.

Berikut akan dibahas sayuran yang dianjurkan untuk dikonsumsi penderita diabetes.

  1. Sayuran Tinggi Serat

Serat merupakan alternatif makanan yang sangat baik dianjurkan bagi penderita diabetes. Penderita penyakit ini biasanya ditandai dengan gejala mudahnya lapar, dengan mengkonsumsi serat dapat menekan rasa lapar yang timbul. Sayuran terbukti ampuh memperlambat penyerapan nutrisi dalam tubuh, sehingga gula dalam darah tidak mengalami peningkatan secara langsung.

Asupan serat juga dapat membantu menurunkan lemak jahat dalam darah, serta mengatasi msalah sembelit. Bagi penderita diabetes laki-laki dianjurkan mengkonsumsi serat kurang leih 38 gram per hari, sedangkan agi wanita cukup 25 gram saja, sesuai dengan hasil peneliian American Academy of Nutrition and Dabetics.

Anda dapat mengkonsumsi brokoli, bit, artichoke, kubis bussel kacang polong, serta wortel sebagai asupan serat harian.

  1. Sayuran Rendah GI (Glycemic Index)

Glycemic Index merupakan skala yang berfnsi mengukur seberapa cepat tubuh menyerap glukosa dari seuatu makanan. Beberapa contoh sayuran yang rendah GI adalah brokoli, asparagus, selada, paprika, kacang polong, bayam, sayur kol,serta seledri.

  1. Sayuran Berprotein

Makanan tinggi protein dapat membantu penderita diabetes mengatasi masalah sering lapar, dikarenakan protein lambat untuk dicerna. Untuk pilihan sayuran yang berprotein tinggi, Anda dapat mengkonsumsi bok choy, bayam, brokoli, sawi hijau,kembang kol, serta kubis brussel.

  1. Sayuran yang mengandung nitrat tinggi

Asupan makanan yang mengandung nitrat tinggi, dipercaya dapat meningkatkan kesehatan peredaran darah, dan mengurangi resiko hipertensi. Berikut sayuran yang dapat Anda konsumsi, sayur rhubarb, selada, seladri, bit, serta arugula.

Leave a Reply