iPhone 6 Plus, Ponsel Lawas yang Masih Pantas di Tahun 2020

Siapa yang tidak kenal ponsel buatan Apple? Produknya selalu dikenal sebagai barang berkualitas dan harganya yang mahal. Kalau soal harga, produk Apple selalu berkualitas tinggi. Tidak heran jika produk bekasnya masih bernilai tinggi.

Apple merilis iPhone 6 Plus pada 19 September 2014. Di masanya iPhone 6 Plus bersaing dengan ponsel Android seperti Samsung Galaxy Note 4. Kini 6 tahun sejak peluncurannya apakah iPhone 6 Plus masih layak digunakan?

Spesifikasinya sekilas kurang meyakinkan, rivalnya seperti Samsung Galaxy Note 4 menggunakan 2 CPU sekaligus Quad-core 2,7 GHz dan Octa-core Exynos 5433. iPhone 6 Plus “hanya” mengandalkan CPU Apple A8 Dual-core 1,4 GHz. Sedangkan RAM iPhone 6 Plus cuma 1GB, Galaxy Note 4 sebesar 3GB RAM.

Perlu diingat kalau Apple mendesain sendiri CPU-nya, walaupun tidak sekencang kompetitornya seperti Snapdragon atau Exynos tapi performanya luar biasa. Terbukti dari hasil benchmark yang dilakukan oleh GSMArena.com, iPhone 6 Plus dinyatakan sebagai pemenang. Bayangkan, CPU yang hanya 2 inti bisa setara bahkan mengalahkan CPU 4 inti dengan kecepatan yang lebih tinggi.

Itu tadi perbandingan dari segi CPU. Bagaimana dengan sistem operasinya? Untuk hal ini tidak bisa dilakukan perbandingan secara langsung karena masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. iPhone 6 Plus masih mendapatkan update sampai iOS 12.4.7 yang dirilis pada 20 Mei 2020. Apple ternyata masih “peduli” dengan produknya.

Nah, bagaimana dengan Android? Samsung Galaxy Note 4 yang dirilis di tahun yang sama dengan iPhone 6 Plus ternyata hanya mendapatkan update sampai versi 6.0.1 (Marshmallow). Padahal ponsel flagship Samsung tersebut dirilis tahun 2014 tapi hanya mendapatkan update sampai tahun 2015.

Update sistem operasi sangat penting karena bisa menutup celah keamanan dan mendapatkan update penting seperti fitur baru atau optimasi supaya perangkat lebih nyaman digunakan. Untuk hal ini iPhone 6 Plus sangat layak dibeli walaupun bekas.

Layar iPhone 6 Plus belum ketinggalan zaman walaupun sudah 6 tahun berlalu. Ukurannya 5,5 inci dengan resolusi 1080 x 1920 pixel. Masih cukup lega untuk bermain game, berkomunikasi di aplikasi chatting atau menonton film.

Salah satu kekurangan ponsel Apple sampai saat ini adalah tidak memiliki slot kartu memori. Apple hanya memberikan 3 pilihan kapasitas memori internal, 16, 64, 128GB. Kalau kamu suka mengambil banyak foto dan video, bisa dipastikan 16GB tidak cukup. Apalagi sekarang aplikasi dan game memiliki ukuran rata-rata di atas 100MB, maka pastikan kamu memilih iPhone 6 Plus versi 64 atau 128GB. Versi 16GB memang harganya lebih murah tapi memori internalnya yang sedikit akan merepotkan, kecuali kamu tidak memiliki banyak file atau hanya menggunakan sedikit aplikasi atau game.

Fitur wajib dan penting di ponsel adalah kamera. iPhone 6 Plus memiliki 2 kamera. Bagian depan yang biasa digunakan untuk selfie atau video call resolusinya hanya 1.2MP, terbilang kurang untuk standar di tahun 2020 tapi masih layak digunakan di tempat yang cukup terang.

Kamera utamanya 8MP dengan autofokus dan OIS (Optical Image Stabilizer), dengan fitur ini kualitas foto dan videonya masih bagus jika dibandingkan dengan ponsel keluaran tahun 2020. Jika kamu ingin membeli iPhone 6 Plus maka tidak perlu ragu soal kualitas kameranya.

iPhone 6 Plus memiliki fitur seperti Wi-Fi, Bluetooth dan GPS. Untuk keperluan komunikasi, iPhone 6 Plus sudah mendukung koneksi 4G/LTE. Ukuran kartu SIM yang kompatibel adalah Nano-SIM dan hanya mendukung 1 kartu saja.

iPhone 6 Plus ditenagai baterai Li-Po 2.915 mAh yang tidak bisa dilepas. Kapasitas baterai ini masih cukup untuk penggunaan sosial media, game atau menonton film.

Soal desain, produk Apple punya ciri khas tersendiri. Desainnya minimalis dengan 3 pilihan warna Space Gray, Silver dan Gold. Walaupun ini produk lawas tapi desainnya masih pantas lho di tahun 2020. Apalagi logo ikonik “apel kroak” yang identik dengan produk mahal, dijamin tidak terlihat seperti menggunakan ponsel “jadul”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *