5 Keuntungan Pembayaran Online untuk Pebisnis

Sumber : freepik.com (by snowing)

Peralihan model bisnis dari konvensional ke bisnis online membawa perubahan besar untuk dunia industri. Tak hanya melibatkan penggunaan perangkat kekinian dan jaringan internet, peralihan ini juga membawa perubahan besar pada metode pembayaran yang dilakukan. Pembayaran online, jadi metode utama yang digunakan untuk menyelesaikan transaksi yang dilakukan.

Peralihan bisnis ini sendiri tak hanya terjadi pada industri besar, namun juga UKM. Bisnis skala kecil juga turut berlomba mengaktifkan lini digitalnya sebagai media pemasaran utama. Jika melihat data yang dimiliki Kementerian Koperasi dan UKM, setidaknya ada 64 juta unit usaha UMKM yang ada di Indonesia. Baru 13% saja yang beralih dan beraktivitas dengan media online.

Pembiasaan pada pembayaran online perlu diterapkan secepatnya, dan diadaptasi oleh pelaku usaha. Pasalnya, sederet kelebihan siap disajikan untuk pebisnis yang menggunakan metode pembayaran ini.

1. Praktis dan Cepat

Sumber : Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay

Transaksi pembayaran online memungkinkan pelanggan menyelesaikan semua pembayaran dengan praktis dan cepat. Secara sederhana, yang harus dilakukan pelanggan adalah checkout atau istilah lain dengan aksi serupa, kemudian mengkonfirmasi barang atau jasa yang dibeli, dan memasukkan password, PIN, atau bentuk konfirmasi lainnya.

Selama saldo atau metode pembayaran yang digunakan sudah memiliki data yang benar dan valid, maka transaksi bisa dilakukan secepat itu saja. Tanpa ada embel-embel lain, pembayaran online menjadi senjata ampuh untuk pebisnis guna membuat konsumen nyaman. Transaksi yang selesai dengan cepat akan membawa kepuasan tersendiri bagi konsumen, sehingga berpotensi melakukan pembelian ulang.

2. Melayani Segala Bentuk Metode Pembayaran Online

Pembayaran online merupakan segala jenis metode yang digunakan untuk membayarkan tagihan, dan menyelesaikan transaksi yang dilakukan. Metodenya juga beragam, mulai dari penggunaan virtual account, transfer bank, kemudian menggunakan dompet digital, kartu debit, kartu kredit, dan metode lain yang menggunakan perantara internet atau kanal sejenis.

Nah, setiap cara pembayaran ini bisa difasilitasi dengan layanan payment gateway. Layanan ini memungkinkan bisnis Anda untuk menerima berbagai jenis pembayaran, dan tetap hanya membutuhkan satu rekening untuk mengelola pembayaran tersebut untuk masuk ke dalam pendapatan Anda. Jadi Anda tak perlu memiliki banyak rekening bank untuk menjadi kanal penyimpanan pendapatan.

3. Memungkinkan Pembayaran Lintas Area

Sumber : Gambar oleh ErikaWittlieb dari Pixabay

Salah satu keuntungan pembayaran online untuk pebisnis adalah bahwa transaksi bisa dilakukan dengan cakupan wilayah yang lebih luas. Dengan pembayaran online, urusan penyelesaian transaksi untuk pembayaran bisa diselesaikan dengan aplikasi atau menggunakan platform yang digunakan untuk berbelanja.

Setelah urusan pembayaran diselesaikan, termasuk juga ongkos kirim dan packing-nya, Anda tinggal mengirimkan barang tersebut melalui metode pengiriman yang telah dipilih. Dalam waktu singkat, barang bisa sampai ke pelanggan setia Anda dengan selamat. Ketika barang sudah dikonfirmasi dan diterima, maka pembayaran bisa diteruskan ke rekening Anda.

Tak terhalang area dan bahkan negara, transaksi dan pembayaran online bisa terjadi dimana saja dan kapan saja.

4. Konfirmasi yang Lebih Cepat

Pernahkah Anda membayangkan transaksi online tanpa pembayaran yang online pula? Pasti akan sangat merepotkan dan memakan banyak waktu bukan? Tak hanya pada konfirmasi barang dan informasi penting lain, namun juga pada konfirmasi pembayaran yang harus dilakukan. Anda sebagai pemilik bisnis tentu ingin mendapatkan konfirmasi pembayaran secepatnya.

Mulai dari ketika pelanggan memutuskan akan membeli satu barang, kemudian melakukan konfirmasi pada barang tersebut, dan melakukan pembayaran, hingga pada tahap uang yang dibayarkan dikonfirmasi dan masuk ke rekening Anda, semua ini berlangsung dalam hitungan menit saja. Cepat, efektif, dan menguntungkan semua pihak.

Tentu saja, semua ini bisa terjadi selama pengelola pembayaran bisa bekerja optimal.

5. Memungkinkan Sistem Pembukuan yang Efektif

Sumber : Gambar oleh Tumisu dari Pixabay

Pembayaran online yang dijadikan dasar transaksi bisnis online sekarang ini tak hanya memudahkan transaksi yang terjadi secara praktis, namun juga keperluan pembukuan perusahaan atau bisnis. Pencatatan semua jenis transaksi wajib dilakukan dalam urusan pembukuan, sehingga perusahaan bisa diketahui dinamika dan sejauh mana langkah yang sudah dilakukan untuk mencapai target.

Melalui pembayaran online, semua transaksi akan tercatat dengan rinci dan detail. Hal ini akan memudahkan pencatatan di buku besar, sehingga data transaksi perusahaan bisa dirinci hingga titik yang diinginkan. Pencatatan yang rapi dan detail membantu Anda untuk mengelola perusahaan lebih baik, dan mengambil langkah yang diperlukan untuk kemajuan perusahaan.

Akan sangat praktis jika pembukuan nantinya tinggal dilakukan dengan memindah data saja bukan? Tanpa effort yang besar dan membutuhkan banyak sumber daya, urusan bisa selesai dengan cepat.

Sistem pembayaran online nyatanya memberikan banyak sekali manfaat untuk Anda sebagai pebisnis. Tak hanya pada urusan praktis transaksi jual-beli, namun hingga ke urusan pembukuan. Tentu saja, pembayaran seperti ini bisa diaplikasikan dengan mudah ketika Anda menggunakan layanan Jokul by DOKU. Payment gateway yang ramah pada bisnis skala apapun, penggunaan yang mudah, dan dashboard yang menyajikan data lengkap, semua yang Anda butuhkan bisa didapatkan di sini. Gunakan Jokul sekarang, dan kembangkan bisnis Anda bersama Jokul by DOKU!