Masalah Utama Pada Ford Fiesta Generasi Awal

Ford Fiesta adalah mobil hatchback sporty yang mempesona dari Amerika. Kini harga bekas Ford Fiesta amat terjangkau dan menggiurkan. Ford Fiesta merupakan hatchback memesona yang kini kehilangan pamornya. Hal tersebut seiring berakhirnya kiprah PT Ford Motor Indonesia (FMI) di Tanah Air. Sehingga banyak konsumennya yang “kabur” karena khawatir akan keberlangsungan layanan purna jual paska Ford Motor Indonesia meninggalkan Indonesia. Sangat disayangkan memang, mengingat Fiesta memiliki sejumlah kelebihan dibanding hatchback lainnya. Walaupun saat tak ada lagi produk terbarunya, peminat Ford Fiesta bekas masih tetap ada.

Pihak Ford Motor Indonesia membawa masuk Ford Fiesta pada tahun 2010 dan dipasarkan pada rentang waktu 2010 sampai 2013, makanya generasi awal ini dikenal juga dengan Ford Fiesta 2010, 2011, 2012 atau 2013. Tapi lebih umum disebut sebagai Ford Fiesta generasi pertama. Awalnya Fiesta hanya datang dalam tipe body hatchback dengan pilihan varian 1.4 Style, 1.4 Trend, dan 1.6 Sport. Mengingat peminatnya semakin berkembang, FMI pun menyediakan model sedan dari Fiesta dengan varian 1.4 Trend dan 1.6 Sport.

Bicara tentang kelebihan dan kekurangan Ford Fiesta, maka Anda wajib memahami problematika yang biasanya muncul pada mobil ini. Yang paling krusial adalah pada sistem transmisi. Mengingat Fiesta menggunakan transmisi pintar dual clutch, maka jika bagian ini kurang mendapat perawatan akan berakibat kerusakan parah.

Yang paling sering dikeluhkan adalah modul transmisi atau Transmission Control Module (TCM) yang sudah rusak. Penyebabnya cukup banyak, bisa karena usia pakai kendaraan tersebut atau karakteristik pengemilik sebelumnya. Karena transmisi model dual clutch beda karakter dibanding transmisi otomatis biasa maupun CVT. Kebiasaan tetap memposisikan tuas transmisi pada “D” saat macet, ditenggarai jadi penyebab modul transmisi ini cepat rusak.

Selain itu letak modul transmisi ini juga dinilai terlalu rendah, sehingga rawan terkena air manakala mobil melintas jalanan dengan air yang menggenang. Hal lainnya yang bisa merusak komponen ini adalah hawa terlalu panas dari ruang mesin yang lama kelamaan mempengaruhi kinerja komponen tersebut. Jika sudah rusak, perpindahan gigi tidak akan semulus sebelumnya.

Kemudian hal perlu diperhatikan lainnya sebelum membeli Ford Fiesta bekas adalah memastikan seluruh fitur pada mobil ini masih berfungsi dengan baik. Misalnya saja fitur voice command yang menjadi andalannya. Pastikan fitur masih bekerja untuk mendeteksi perintah suara. Lalu sistem elektrik lainnya seperti lampu-lampu, pengaturan kaca jendela, spion, dan sebagainya juga wajib dipastikan berfungsi dengan baik.

Untuk mendapatkan informasi dan pembahasan lebih lengkap dari mobil Ford Fiesta 2012 ini, bisa mengunjungi https://infomobilbekas.com/ford-fiesta-2010-2013/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *