Mengamankan Akun Whatsapp Agar Tidak Diretas

Kasus peretasan atau penyadapan aplikasi chatting seperti Whatsapp (WA) kian marak terjadi. Bukan hanya public figure tetapi orang biasa juga sering menjadi korban. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengetahui cara menghindarinya.

5 Tips Aman Menghindari Peretasan Whatsapp

Meski terdengar sulit tetapi ternyata untuk menghindari atau meminimalisir risiko peretasan akun WA sebenarnya cukup mudah. Anda juga tidak butuh aplikasi tambahan dan cukup menggunakan fitur-fitur yang dimiliki oleh Whatsapp. Apa saja tipsnya? Goodbizid.com telah merangkum berikut adalah penjelasannya.

1.   Selalu Logout dari Whatsapp Web

Agar akun WA Anda tidak disalahgunakan melalui aplikasi palsu yang mirip dengan Whatsapp Web, Anda bisa mengecek smartphone atau perangkat apa saja yang telah menggunakan akun WA Anda melalui Whatsapp Web.

Caranya mudah, cukup dengan klik 3 titik di bagian kanan atas layar kemudian pilih Whatsapp Web. Setelah itu, akan muncul daftar perangkat apa saja yang sudah login dengan menggunakan akun WA Anda.

2.   Buat agar foto profil tidak bisa diunduh

Biasanya foto profil akun WA bisa diunduh oleh pengguna lain sehingga rawan disalahgunakan. Oleh sebab itu, ada baiknya jika Anda mengatur ulang privasi Whatsapp agar foto Anda tidak bisa dilihat sembarang orang dan disalahgunakan.

Caranya mudah, cukup masuk ke menu Pengaturan lalu klik Akun kemudian pilih opsi Privasi. Pilih opsi apa saja yang Anda butuhkan kemudian tunggu beberapa saat agar prosesnya selesai. Dengan begitu, orang lain terutama yang tidak terdaftar dalam kontak tidak akan bisa melihat foto profil Anda.

3.   Laporkan pesan mencurigakan

Salah satu trik untuk bisa membajak akun WA adalah dengan mengirim pesan dari nomor yang tidak dikenal dengan isi yang tidak biasa. Selain lebih berhati-hati dan tidak perlu menanggapinya Anda juga bisa melaporkan pesan tersebut sebagai spam.

Agar bisa melapor maka Anda perlu mengubah privasi dengan cara masuk ke menu Privasi, pilih Tentang dan Bantuan lalu pilih opsi Hubungi Kami.  Buka kembali akun WA Anda kemudian tap bagian info pada akun atau grup WA yang ingin dilaporkan. Scroll terus ke bawah hingga menemukan opsi Laporkan Sebagai Spam.

4.   Lakukan pembaruan keamanan

Selain melakukan pembaruan aplikasi Whatsapp, Anda juga bisa melakukan pembaruan terhadap berbagai perangkat penautan seperti laptop atau komputer. Anda hanya cukup melakukan scan QR code  lalu secara otomatis akan muncul notifikasi di smartphone Anda setiap kali akun WA Anda masuk ke Whatsapp Web.

Dengan begitu risiko peretasan bisa diminimalisir mengingat Anda bisa tahu jika ada aktivitas mencurigakan menggunakan akun WA Anda.

5.   Menonaktifkan akun WA

Ini merupakan cara terakhir yang bisa dilakukan untuk menghindari peretasan pertama jika smartphone Anda hilang atau dicuri. Dengan menonaktifkan akun WA maka tidak ada yang akan menyalahgunakannya untuk kepentingan tertentu. Caranya juga tidak rumit, Anda hanya perlu mengirimkan email kepada pihak Whatsapp dan menjelaskan jika perangkat Anda hilang atau dicuri.

Anda bisa meminta agar akun WA tersebut  dinonaktifkan. Jika cara tersebut berhasil maka akun Anda akan segera nonaktif dan Anda diberi kesempatan untuk mengaktifkannya kembali dalam waktu 30 hari sebelum akun Anda dihapus permanen.

Berikut merupakan tips sederhana untuk menghindari peretasan akun Whatsapp. Meski sebenarnya masih ada banyak cara untuk menghindari peretasan namun kelima cara di atas merupakan yang paling mudah sehingga Anda yang tidak terlalu paham soal teknologi bisa melakukannya.