Berbagai Penyakit Kulit yang Sering Diderita Orang Dewasa

Banyak orang yang beranggapan bila penyakit kulit hanya di derita oleh mereka yang tidak menjaga kebersihan badan dengan baik. Karena anggapan inilah, orang dewasa yang memiliki masalah kulit biasanya malu serta ingin menyembunyikan kenyataan penyakitnya. Padahal hal tersebut dapat menjadi hambatan untuk kesembuhannya.

Ada berbagai macam masalah kulit yang terlihat di luar tubuh, ketika orang lain melihatnya dan memberikan reaksi berlebihan, hal ini bisa menyebabkan beban psikologis bagi si penderita. Pada dasarnya, adanya anggapan negatif mengenai masalah kulit ini disebabkan karena sedikitnya informasi yang berkaitan dengan masalah kulit.

Padahal, ada beberapa masalah kulit yang umum diderita oleh orang dewasa. Berikut beberapa masalah kulit yang sering diderita orang dewasa.

Penyakit Rosacea

Rosacea adalah masalah kulit yang muncul dengan tanda peradangan di daerah wajah. Masalah kulit ini dapat berwujud melebarnya pembuluh darah, kemunculan jaringan ikat di bagian hidung, munculnya bintik berisi nanah, hingga kulit wajah berubah menjadi kering, merah dan bersisik.

Penyebab kemunculan masalah kulit ini belum diketahui dengan jelas hingga saat ini, namun erat diduga berkaitan dengan faktor genetik, kutu dan infeksi bakteri. Agar bisa mengendalikan gejalanya, biasanya dokter akan memberi obat oral dan obat oles. Penderita penyakit kulit ini disarankan rutin menggunakan pelembab dan menjauhi sinar matahari.

Eksim

Selain rosacea, eksim juga menjadi penyakit yang sering diderita. Eksim merupakan masalah kulit yang menyebabkan bercak meradang dan membuat kulit menjadi gatal. Kondisi ini sering disebut dengan dermatitis atopik. Eksim biasanya muncul di lipatan siku serta lutut.

Kemunculan masalah kulit ini belum diketahui penyebabnya, namun erat dugaan berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh penderita serta faktor keturunan. Untuk menyembuhkan eksim, belum ditemukan obat, sehingga untuk mengatasi kemunculannya, penderita harus mengetahui terlebih dahulu penyebabnya dan menjauhi faktor pencetus tersebut sehingga eksim tidak berubah menjadi semakin bertambah parah.

Psoriasis

Apakah kamu pernah mendapati kulit berubah menjadi bercak merah dan bersisik? Kondisi kulit ini disebut dengan psoriasis. Bercak kulit ini biasanya muncul did aerah lutut, siku serta punggung bawah. Biasanya, penyakit ini akan menumbulkan rasa gatal pada kulit yang terinfeksi. Meskipun tidak sedikit penderita yang mengatakan tidak merasakan reaksi apapun, ada pula penderita yang mengungkapkan bila kondisi ini menganggu mereka.

Pengobatan yang biasanya diberikan dokter untuk mengatasi penyakit ini adalah pemberian salep dengan kandungan kortikosteroid, vitamin D dan krim. Terapi cahaya dan obat yang menekan sistem kekebalan tubuh juga diberikan. Bila masalah kulit ini sering kambuh, penderita harus segera memperoleh pertolongan dokter.

Penyakit Herpes Zoster

Herpes zoster biasanya muncul pada orang yang mempunyai riwayat cacar air. Tanda herpes zoster adalah munculnya ruam tidak rata dengan ukuran kecil. Kulit yang terkena herpes zoster biasaya akan terasa perih, gatal dan sedikit panas. Herpes zoster biasanya di derita di area bokong atau badan.

Umumnya berbagai penyakit kulit akan membaik dengan sendirinya ketika penderita sudah menjauhi pencetusnya. Namun, jika masalah kulit tersebut menganggu Anda, Anda bisa segera memeriksakan diri ke dokter. Sayangnya, terkadang antrean yang panjang membuat kita malas melakukan konsultasi.

Sekarang, Anda tidak perlu melakukan antrian panjang tersebut. Anda bisa membuat janji dokter secara online dengan menggunakan Halodoc. Anda bisa memilih dokter dan rumah sakit yang diingini, kemudian datang sesuai dengan jam kunjungan. Selain itu Anda juga bisa melakukan konsultasi secara online melalui Halodoc.

Leave a Reply